Ads 468x60px

Meningkatkan Efisiensi Mekanis Bore Up Fu Tembus 29dk Piston CBR

Menaikkan kapasitas mesin dengan penggantian piston lebih besar pun ngga asal comot seperti beli bakso hehehe… Torak milik cbr150 os 3.00 dipilih , karena dengan diameter yang sama bobot pistonnya lebih ringan 40gr dibanding piston hi speed sekalipun

Rossi Terus Awasi Marquez dan Lorenzo Jelang MotoGP 2015

Meski sudah berusia 36 tahun pembalap berjuluk The Doctor itu tetap berambisi untuk menambah koleksi gelar juara. Secara terang-terangan ia pernah berujar, bahwa di musim ini ingin menggenapkan gelar dunia yang ke-10.

Jonathan Rea Rebut Suporpole WSBK Australia 2015

Pebalap anyar Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea langsung memegang Superpole seri pertama di World Superbike (WSBK) 2015 di Sirkuit Phillip Island, Australia

VRG Kembali Riset Honda Karisma Bebek TU 130 CC

Karisma ini 'kepergok' oleh reporter saat turun di drag Kenjeran dan Nganjuk, Jatim lalu. Nyatanya didua tempat tadi si Karisma gagal menunjukkan 'karismanya'

Advertise With Us

Ingin memasang iklan di Blog Otomotif Skiel? Silakan menghubungi kami via email: Arifeko79@gmail.com

Kamis, 12 Februari 2015

Meningkatkan Efisiensi Mekanis Bore Up Fu Tembus 29dk Piston CBR


Alhamdulillah,

image
image
Dengan adanya flowbench dan dynotest engine menjadikan sistem belajar engineer dan para siswa kursus modifikasi di RAT lebih mudah dalam memahami materi. Utamanya dalam sumber-sumber peningkatan tenaga. Sebagaimana ada tiga pilar utama peningkatan tenaga, yaitu menaikkan kompresi, pengapian dan pasokan bahan bakar.
image
image
Dan suzuki satria fu ini menjadi karya praktikum yang indah. Setelah sebelumnya mencetak fu standar porting 22dk, kini materi berlanjut pada bore up. Menaikkan kapasitas mesin dengan penggantian piston lebih besar pun ngga asal comot seperti beli bakso hehehe… Torak milik cbr150 os 3.00 dipilih , karena dengan diameter yang sama bobot pistonnya lebih ringan 40gr dibanding piston hi speed sekalipun. Lumayan untuk meringankan akselerasi rpm, apalagi ditambah body piston yang slim, minim gesekan dengan liner… ini namanya teori efisiensi mekanis.
image
Namun piston cbr tak serta merta bisa langsung dipasang. Connecting rod harus diganti milik tiger supaya pin piston 15mm bisa pas masuk. Keuntungannya setang tiger selain lebih panjang yang bikin anteng di rpm tinggi pula bisa dibuat lebih ringan. Panjang stang tiger membuat piston cbr saat tma masih bisa dibuat dome. Memadatkan ruang bakar pentroof yang kompak menjadi kompresi12:1. Minumnya jangan oplosan ya bro, bikin koit, yang murni pertamax aja hehehe…
image
image
Dari data diameter piston, kita bisa dapatkan informasi ukuran klep yang harus dipakai. Tinggal masukkan rumus klep in = 0,36 × diameter piston. Ketemu deh data klep in kudu make 24mm. Sedangkan klep ex seperti biasa 85 % klep in, jadinya 21mm. Bahan klep memakai bajajnium yang murah meriah kencang hihi… Setelah data klep ter urai, tinggal bikin porting. Rumusnya masih sama kaya artikel maniak motor sebelumnya itu lho…
image
Cam dipatok tak jauh dari standarnya, durasi in 229 derajat dengan ritme buka 9 dan menutup 40 derajat setelah tmb dengan lift 8,05mm. Sedangkan durasi ex dipatok 232 derajat, phasing close ex open 41 close 11 serta lift cam 7,88mm. Durasi in kecil lift tinggi serta ex lebar lift rendah membuat karakter rpm nya tetap tinggi. Bahkan meski overlap nya cuma dibawah 2mm tenaga atas nya ngisi terus hingga 13,000 rpm.
Mengimbangi gasingan rpm menggila, Pir klep mengandalkan fxr punya. Peningkatan pasokan bahan bakar lebih sempurna dipacu oleh karbu pwk KTC 28mm yang direamer ulang menjadi 30,5mm serta penggantian nozzle 30 lubang sehingga bisa lebih kering di ruang bakar. Pilot jet 48 dan main jet 110 didaulat mengawal pengapian BRT yang meledakkan bahan bakar 39 derajat sebelum TMA di ruang bakar.
image
Hasil modifikasi ini nampaknya mampu menyemburkan tenaga melalui knalpot custom by RAT dengan leher type C yang lagi ngetrend itu. Karena dicoba jalan motornya sudah lompat-lompat terus maka kita naikkan pada meja dyno. Video bisa cek di instagram atau fesbuk kita hehehe…
Output 29,3 Dk / 19,8 Nm adalah hasil ujian yang luar biasa bagi sang siswa. Dengan power segini mau pake jjs oke, turing oke, cornering oke, mau drag malam minggu juga sippp…
image
Apapun itu, tetap sehat tetap semangat biar bisa modifikasi tiap hari. 
image
R.A.T MOTORSPORT INDONESIA

3 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

kalo pake piston cbr apa masih bisa dipake jarak jauh?

Unknown mengatakan...

Bisa aja asal minum nya pertamax murni, jgn di oplos ama premium :D

Posting Komentar